Senin, 27 Februari 2017 10:00

Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong Resmi Dibentuk

Tanjungpandan__Pemerintah Kabupaten Belitung bersama Pemerintah Kabupaten Belitung Timur akhirnya meresmikan pembentukan Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong. Hal ini ditandai dengan penandatangan Peraturan Bersama antara Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza yang berlangsung pada Jum’at malam (24/2), bertempat di MDR Resto Tanjungpandan.


Ketua Umum dari BP Geopark Pulau Belitong, Dyah Erowati dari unsur ITB 81 mengatakan, usai pengesahan Geopark ini, ke depan saya bersama tim lainnya akan banyak mengadakan FGD dan workshop untuk terus mengenalkan Geopark. Karena konsep Geopark ini akan melibatkan seluruh elemen dan pihak-pihak terkait.


Selain itu, dalam mengembangkan Geopark di Pulau Belitong ini, Dyah mengakui sudah merangkul dan menyiapkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, misalnya pihak kementerian, swasta dan beberapa universitas ternama di Indonesia untuk melakukan penelitian. "Mudah-mudahan dengan ada dukungan dari beberapa pihak, kita akan bisa dengan mudah untuk terus mengembangkan Geopark di Pulau Belitong," pungkasnya.


Menurutnya, Pulau Belitung akan ditetapkan dalam status Geopark Nasional dalam wantu dekat. Namun, setelah target tersebut selesai, masih banyak yang harus diselesaikan dalam pengembangan Geopark ini. Terutama untuk mengejar status Global Geopark.


Sementara, Sahani mengatakan, penandatangan ini merupakan langkah awal kerjasama antara Pemkab Belitung dan Belitung Timur dalam pengelolaan Geopark di Pulau Belitung. Tujuannya agar saling mengisi antara yang satu dengan yang lainnya saat mengelola kawasan Geopark.


‘’Dengan adanya kawasan Geopark ini secara tidak langsung akan menambah jumlah  tempat wisata di Kabupaten Belitung. Karena Goepark termasuk wisata produktif dan edukatif, dan Saya optimis akan menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara, baik sekarang maupun di masa mendatang’’, jelasnya.


Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong dibentuk setelah melalui rangkaian rapat panjang bersama yang dilakukan antar dua pemerintahan kabupaten (Pemkab) dan Tim Geopark.***dk
 

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Belitung



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code