Jum'at, 17 November 2017 15:30

KUNJUNGAN PEMKAB KLATEN KE KABUPATEN BELITUNG

 

Tanjungpandan, 17/11- Pemerintah Kabupaten Belitung mendapat kepercayaan menjadi daerah yang dikunjungi  dari Pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka penguatan dan peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya Bagian Hukum Sekretariat Daerah. Sekedar informasi Kabupaten Klaten adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berpenduduk 1.324.140 Jiwa yang terdiri dari 26 Kecamatan, 10 Kelurahan dan 391 Desa. Melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerahnya kunjungan kerja tersebut dilaksanakan pada  hari Kamis, 16 November 2017. Bertempat di Ruang Rapat  Bupati Belitung kedatangan rombongan disambut hangat Kabag Hukum Setda Kabupaten Belitung, Imam Fadlli, SH beserta jajaran yang dalam hal ini mewakili Bupati Belitung.

 

Kabag Hukum Setda Kabupaten Belitung, Imam Fadlli, SH dalam sambutannya menucapkan selamat datang atas kehadiran Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Klaten di  Kabupaten Belitung yang terkenal dengan negeri “Laskar Pelangi” dan berharap terjadi tukar menukar informasi positf yang saling memperkuat satu sama lainnya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Imam juga berbagi kisah tentang suka duka serta tantangan dan hambatan selama bertugas di Bagian Hukum.

 

Sementara itu Yayuk Sri Rahayu, SH, MH dari Perundang-undangan Bagian Hukum Setda Kabupaten Klaten menanyakan secara spesifik mekanisme pembentukan peraturan daerah di Kabupaten Belitung mulai dari pengusulan dari OPD untuk dimasukkan dalam  Progam Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda), perlu tidaknya naskah akademik, proses pembahasan baik di eksekutif maupun legislatif, kewajiban sebagai akibat pelaksanaan dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, sampai dengan ditetapkan oleh Kepala Daerah.  

 

Adapun hal lain yang didiskusikan  dalam kunjungan kerja kali ini adalah terkait pengelolaan website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Belitung yang mereka nilai cukup update dan informatif dalam perannya mensosialisasikan produk hukum dan regulasi di daerah, karena menurut mereka meskipun berada di pulau Jawa tapi pengelolaan website JDIH mereka masih perlu mencontoh Kabupaten Belitung. Terlebih JDIH Kabupaten Belitung adalah salah satu yang sudah terintegrasi dengan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional. Sebagaimana diketahui dari 508 kabupaten/kota se- Indonesia, baru 33 kabupaten/kota yang terintegrasi dengan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional termasuklah JDIH Kabupaten Belitung didalamnya yang tentu saja menjadi sebuah prestasi tersendiri.

 

Acara dilanjutkan dengan diskusi antar sub bagian terkait untuk saling bertukar informasi dalam rangka pelaksanaan tugas khususnya Bagian Hukum Sekretariat Daerah di 2 (dua) Kabupaten.  Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan sesi foto bersama. (G.A.)

 

 

 

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code