Senin, 10 September 2018 08:00

TIM FASILITASI PILKADES SERENTAK KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2018 LAKUKAN SELEKSI TAMBAHAN

Tanjungpandan, 8/9- Guna memenuhi ketentuan Pasal 25 ayat (1) Peraturan Bupati Belitung Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Bupati Belitung Nomor 17 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas  Peraturan Bupati Belitung Nomor 14 Tahun 2016, dimana bila terdapat lebih dari 5 (lima) orang bakal calon yang memenuhi persyaratan administrasi, maka Panitia pemilihan Kepala Desa tingkat desa mengajukan permohonan kepada Panitia Pemilihan Kabupaten untuk dilakukan seleksi tambahan. Kemudian Tim Fasilitasi Tingkat Kabupaten membentuk Tim Seleksi Tambahan Pemilihan Kepala Desa  yang terdiri dari 5 (lima) orang yang terdiri atas unsur DPPKBPMD Kabupaten Belitung, unsur Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, unsur Bagian Hukum Setda Kabupaten Belitung, unsur Akademisi; dan unsur Kecamatan. Seleksi tambahan ini dilaksanakan oleh Tim Fasilitasi Pilkades Serentak Tahun 2018 pada hari Sabtu, tanggal 8 September 2018  di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung.

 

Sebagaimana diketahui dalam Pilkades Serentak Kabupaten Tahun 2018 terdapat 4 (empat) desa yang memiliki bakal calon kepala desa lebih dari 5 (orang) yaitu, Desa Terong Kecamatan Sijuk, Desa Aik Pelempang Jaya Kecamatan Tanjungpandan, Desa Aik Ketekok Kecamatan Tanjungpandan, dan Desa Aik Raya Kecamatan Tanjungpandan dengan total bakal calon kepala desa sebanyak 28 orang. Pilkades serentak Kabupaten Belitung Tahun 2018 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2018.

 

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Tim Fasilitasi Pilkades Serentak Tahun 2018 yang juga Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung, H. Nurman Sunanda, SE, MM. Setelah itu acara dibuka secara resmi oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Belitung, Syamsudin. Dalam sambutannya Syamsudin berpesan kepada para peserta untuk mengikuti seleksi tambahan dengan sungguh-sungguh. Bagi yang tidak terpilih nanti jangan berkecil hati. Dan bagi calon Kepala Desa yang terpilih nanti agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Jangan takut untuk untuk menggunakan dana desa akan tetapi  juga tetap hati-hati dalam menggunakan dana desa tepat sasaran dan sesuai ketentuan, sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat dapat tercapai. Terlebih Dana Desa nantinya rata-rata akan dikucurkan rata-rata 2,5 miliar pada tiap desa.

 

Acara dilanjutkan dengan Tes Tertulis  yang dimulai dengan waktu selama 45 menit. Setelah itu para peserta dipanggil satu persatu untuk penyampaian visi, misi dan paparan program kerjanya yang dilanjutkan dengan wawancara oleh Tim Seleksi Tambahan Pemilihan Kepala Desa.  Visi, misi dan paparan program kerja masing-masing bakal calon kepala desa tersebut akan dinilai oleh Tim Seleksi Tambahan Pemilihan Kepala Desa dengan memperhatikan kesesuaian dan subtansinya. Selain itu berdasarkan Peraturan Bupati Belitung Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa para bakal calon kepala desa akan dilihat dari pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia, pengetahuan bidang pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan kepemimpinan.

 

Acara selesai pada pukul 17.45 WIB dan hasil dari seleksi tambahan tersebut akan diserahkan oleh Tim Fasilitasi Tingkat Kabupaten kepada Panitia pemilihan Kepala Desa tingkat desa untuk kemudian dituangkan dalam Berita Acara. Panitia pemilihan Kepala Desa tingkat desa nantinya akan membuat Keputusan Panitia pemilihan Kepala Desa tingkat desa tentang penetapan bakal calon menjadi calon Kepala Desa dan diumumkan selama 3 (tiga) hari setelah ditetapkan. (G.A)

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code