Kamis, 20 September 2018 10:00

WABUP ERWANDI UCAPKAN SALAM PERPISAHAN

Tanjungpandan, 20/9 – Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A.Rani pada hari ini, Kamis, 20 September 2018 bertindak sebagai Pembina Apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung. Dalam apel yang rutin diadakan setiap hari di lingkungan Setda tersebut Wabup juga menyampaikan salam perpisahan kepada segenap Pejabat dan pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung. Hal ini terkait dengan pencalonan Wabup Erwandi sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimana pada tanggal 23 September nanti akan dilakukan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) oleh KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan SK Pemberhentian dari Mendagri akan keluar beberapa hari kedepan, sehingga praktis tinggal  hari ini beliau akan bertugas sebagai Wakil Bupati Belitung.

 

Perlu diketahui berdasarkan Pasal 240 ayat (1) huruf k Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menyatakan bahwa kepala daerah, wakil kepala daerah, aparatur sipil negara, anggota Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, direksi, komisaris, dewan pengawas dan karyawan pada badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah, atau badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara, harus mengundurkan diri dari jabatannya. Selain itu berdasarkan Pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pengunduran Diri Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, dan Pegawai Negeri Yang Akan Menjadi Bakal Calon Anggota DPR, DPRD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota, Serta Pelaksanaan Cuti Pejabat Negara Dalam Kampanye Pemilu juga menyatakan “Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mengajukan diri menjadi bakal calon anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, atau DPRD kabupaten/kota harus mengundurkan diri sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah”, dan Pasal 7 ayat (1) huruf l angka 1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 menyatakan  bagi Bupati/Wakil Bupati yang akan mencalonkan diri sebagai  anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota harus mengundurkan diri.

 

“Secara pribadi dan juga sebagai Wakil Bupati Belitung, saya memohon maaf pada anda semua, apabila dalam pelaksanaan tugas ada hal-hal yang kurang berkenan, tapi semua itu semata-mata demi pelaksanaan tugas,” ujar Wabup Erwandi dalam sambutannya.”Kita semua akan terus berteman secara pribadi meskipun kita sudah tidak lagi bersama-sama dalam roda pemerintahan di Kabupaten Belitung, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Saya percaya saudara-saudara bisa memberikan yang terbaik dalam pembangunan di Kabupaten Belitung, dan pada waktunya nanti akan menapaki karir yang lebih baik lagi di pemerintahan” lanjut Wabup Erwandi.  

 

Sebelumnya Wabup Erwandi menyampaikan pengunduran diri ke DPRD Kabupaten Belitung tanggal 19 Juli 2018 yang lalu. Usulan tersebut, langsung dilakukan pembahasan melalui sidang paripurna. Masa jabatan Wabup Erwandi sedianya berakhir 31 Desember 2018 nanti. Pada akhir apel dilakukan salam ucapan perpisahan dari seluruh peserta apel kepada wabup Erwandi dan diakhiri dengan sesi foto bersama.(G.A.)

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code