Rabu, 30 Oktober 2019 08:00

KECAMATAN SIJUK JUARAI LOMBA KADARKUM TINGKAT KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2019

Tanjungpandan, 29/10- Dalam rangka meningkatkan kualitas kesadaran hukum masyarakat, Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung mengadakan lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum ) yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa 29 Oktober 2019.  Adapun peserta seleksi adalah perwakilan desa/kelurahan yang dipilih masing masing kecamatan yaitu Kecamatan Selat Nasik, Kecamatan Badau, Kecamatan Sijuk, Kecamatan Membalong, dan Kecamatan Tanjungpandan.

 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Belitung selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, Imam Fadlli, SH. Acara secara resmi dibuka Bupati Belitung yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung, Mirang Uganda, SH. Dalam sambutannya Mirang mengharapkan peserta agar dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh dan bagi yang terpilih agar dapat menampilkan penampilan terbaiknya pada saat lomba.

 

Lomba kadarkum merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional, diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali. Pemenang Lomba Kadarkum Tingkat Kabupaten ini nantinya akan dikirim ke Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada bulan November yang akan datang. Untuk selanjutnya pemenang tingkat Provinsi akan diikutkan dalam lomba tingkat nasional pada bulan Desember yang akan datang.

 

Turut hadir dalam acara ini adalah unsur Forkopimda Kabupaten Belitung, para Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD. Selain itu juga diundang Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Belitung Timur beserta jajaran. Adapun yang bertindak sebagai Juri adalah AKP Lili Solihin, S.H. dari Polres Belitung yang mengampu materi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,  Rino Ardian Wigunadi, S.H. dari Pengadilan Negeri Tanjungpandan yang mengampu materi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak,  Dimas Praja Subroto, S.H. dari Kejaksaan Negeri Belitung yang mengampu materi Undang-Undang No.21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang,  Dik Dik Kusnadi, Bc. IP.S.Sos, M.M yang merupakan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Belitung sebagai pengampu materi Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan Muhamat Ariyanto, S.H. dari  Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  yang mengampu materi Undang-Undang Nomor  11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme Menjadi Undang-Undang.

 

Adapun hasil Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2019 ini adalah sebagai berikut: 1. Regu Rukam (Kecamatan Sijuk) dengan Total Nilai 2.400; 2. Regu Keremunting (Kecamatan Membalong) dengan Total Nilai 925; 3. Regu Urisan (Kecamatan Selat Nasik) dengan Total Nilai 600; 4. Regu Gayam (Kecamatan Badau) dengan Total Nilai 325; 5. Regu Berangan (Kecamatan Tanjungpandan) dengan Total Nilai 250. Sedangkan untuk kategori yel-yel terbaik jatuh kepada Regu Rukam (Kecamatan Sijuk). Para Pemenang mendapatkan Thropy, Piagam dan uang penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Belitung. (G.A)

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code