Kamis, 23 Juli 2020 08:00

PERSIAPAN PELAKSANAAN PELAPORAN AKSI HAM B08 PEMERINTAH KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2020

Tanjungpandan, 22/07- Dalam rangka persiapan pelaporan Aksi Hak Asasi Manusia Bulan kedelapan (B08), Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung selaku Sekretariat Tim Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Kabupaten Belitung Tahun 2020 mengadakan rapat  Pembahasan persiapan pelaksanaan dan pelaporan Aksi Hak Asasi Manusia Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2020 pada hari Rabu, 22 Juli 2020. Rapat dilaksanakan  di Ruang Pertemuan Pemerintah Kabupaten  Belitung acara dihadiri Pimpinan/pegawai Perwakilan dari OPD yang termasuk dalam Tim Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Kabupaten Belitung Tahun 2020 yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitun, Badan  Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya, Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah. Turut hadir dalam acara ini Staf Ahli Bupati Belitung Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Mirang Uganda, SH dan Staf Ahli Bupati Belitung Bidang Administrasi Umum, H. Warsito, S.Ag.

 

Sesuai  Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 200/2456/SJ tanggal 18 Maret 2020 tentang Pelaksanaan dan Pelaporan Aksi Hak Asasi Manusia Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2020, dimana setiap Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban melaksanakan Aksi HAM 2020 yang meliputi:1. Harmonisasi rancangan Produk Hukum Daerah agar tidak mendiskriminasi hak-hak perempuan, anak dan pernyandang disabilitas,2. Pengelolaan dan Pemerataan Distribusi (sebaran) jumlah guru didaerah,3. Penyediaan Ruang Menyusui yang memadai bagi perempuan yang bekerja di perkantoran milik pemerintah daerah dan swasta dalam rangka implementasi Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tentang Pemberian ASI Eksklusif,4. Pelayanan Komunikasi masyarakat  melalui peningkatan dan tindak lanjut pengaduan  Masyarakat Terhadap Dugaan  Pelanggaran Hak Perempuan, Anak, Penyandang Disabilitas,   Masyarakat    Adat   dan Pengaduan  Terkait   Konflik   Lahan.

 

Acara dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung, Bakri Hauriansyah, SE  yang didampingi Kabag Hukum Setda Kabupaten Belitung Yang Juga Sekretaris Tim Rencana Aksi HAM  Kabupaten Belitung, Suparno, SH yang menyampaikan garis besar teknis pelaporan Aksi HAM dari OPD yang terkait, termasuk Format dan waktu pelaporan Aksi HAM BO8 Tahun 2020.

 

Pelaporan Aksi HAM Bulan kedelapan (B08) sendiri akan dilaporkan langsung secara online ke Kantor Staf Presiden melaui admin pada Bappeda Kabupaten Belitung melalui scan dokumen. Pelaporan dibuka pada tanggal 28 Agustus 2020 dan ditutup pada tanggal 5 September 2020. (G.A.)

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code