Selasa, 11 Agustus 2020 08:00

PEMBAHASAN PENILAIAN KABUPATEN PEDULI HAM

Tanjungpandan, 10/8- Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan hak asasi manusia. Atas dasar hal tersebut diperlukan langkah-langkah serius dalam pelaksanaannya. Untuk itulah Pemerintah Kabupaten Belitung melalaui  Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung selaku Sekretariat Tim Koordinasi Penilaian Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia Kabupaten Belitung, kembali mengadakan rapat  pembahasan pelaporan penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM pada hari Senin, 10 Agustus 2020.

 

Bertempat di Ruang Pertemuan Pemerintah Kabupaten Belitung, acara dihadiri Pimpinan/pegawai Perwakilan dari OPD yang termasuk dalam Tim Koordinasi Penilaian Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia Kabupaten Belitung, antara lain, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung,  dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belitung.

 

 

Sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia,  indikator penilaian Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia meliputi: Hak Atas Kesehatan, Hak Atas Pendidikan, Hak Perempuan dan Anak, Hak Atas Kependudukan, Hak Atas Pekerjaan, Hak Atas Perumahan, Hak Atas Lingkungan yang berkelanjutan, dimana nantinya akan dilihat rasio dan prosentase dari masing masing indikator penilaian tersebut untuk selanjutnya dilakukan pembenahan. Untuk tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Belitung, berdasarkan penilaian dari Kementerian Hukum dan HAM mendapatkan predikat “Baik”. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah kongkrit untuk mempertahankan nilai tersebut ataupun untuk meningkatkannya.

 

Sesuai Keputusan Bupati Belitung  Nomor: 188.45/238/KEP/III/2020, OPD penanggungjawab masing-masing indikator Penilaian Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia, adalah:

1. Hak atas Kesehatan oleh Dinas Kesehatan;

2. Hak atas Pendidikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;

3. Hak Perempuan dan Anak oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;

4. Hak atas Kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;

5. Hak atas Pekerjaan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja;

6. Hak atas Perumahan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;

7.Hak atas Lingkungan yang Berkelanjutan oleh Dinas Lingkungan Hidup;

 

Acara dipimpin oleh Kabag Hukum Setda Kabupaten Belitung, Suparno, SH selaku Sekretaris Tim Koordinasi Penilaian Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia Kabupaten Belitung  yang menyampaikan garis besar teknis pelaporan sesuai Indikator Penilaian Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia yang harus dicapai oleh OPD Penanggungjawab masing-masing kriteria serta batas waktu pelaporan. (G.A.)

Sumber: BAGIAN HUKUM SETDA KABUPATEN BELITUNG



Kirim Komentar

Nama
Komentar
Security Code